Jumat, 30 Agustus 2024

MPL Singapura sambut McDonald's, JD Sports, dan Rohto sebagai mitra untuk Musim 8

JD Sports dan Rohto adalah mitra baru MPL Singapura untuk Musim 8 sementara McDonald's kembali sebagai sponsor utama.




Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Singapura meluncurkan jajaran mitra mereka untuk Musim 8 setelah performa terbaik liga di tingkat internasional dalam tiga tahun. Musim ini, liga tersebut menyambut dua mitra baru: JD Sports dan Rohto.


MPL Singapura menyambut pengecer sepatu kets dan mode olahraga tersebut sebagai "Mitra dalam Esports" dan perusahaan farmasi multinasional tersebut sebagai Mitra Resmi. McDonald's Singapura juga kembali untuk musim ketiga berturut-turut, memimpin sebagai Sponsor Utama.


Rohto bergabung sebagai Mitra Resmi untuk WAKIL JITU MPL Singapura Musim 8. Dengan produk kesehatan yang didedikasikan untuk meringankan ketegangan mata digital bagi para gamer, kampanye terbaru Rohto memungkinkan para penggemar menukarkan Berlian dengan setiap pembelian dua Tetes Mata Rohto. Selain itu, dua penggemar yang beruntung akan berkesempatan memenangkan Secretlab Chair senilai masing-masing SGD 679.


Linda Tan, Manajer Pemasaran, Rohto Singapura, mengatakan:


“Setelah tiga tahun sukses berkolaborasi dengan MLBB, Rohto sangat senang bergabung dengan MPL Singapura sebagai Mitra Resmi. Kami berdedikasi untuk meningkatkan pengalaman bermain game bagi semua penggemar MLBB dan esports. Obat Tetes Mata Rohto kami, yang dikenal karena sensasi dinginnya yang menyegarkan, membantu meringankan mata kering dan mendukung kesehatan setelah menghabiskan waktu di depan layar digital. Tersedia di semua gerai Watsons, Guardian, dan Unity, kampanye kami dengan MPL Singapura memperkuat kehadiran langsung kami dan memberikan nilai yang berarti bagi para gamer di seluruh Singapura.”


Sebagai bagian dari kemitraan regional dengan MLBB Esports, pengecer multisaluran global JD Sports juga bergabung dengan MPL Singapura Musim 8 sebagai Mitra Esports. Kemitraan perdana ini akan menampilkan peluncuran kampanye "UP YOUR GAME", yang menjembatani dunia mode dan esports dengan menawarkan hadiah eksklusif kepada para penggemar berupa kartu hadiah dan Diamond dalam game MLBB (mata uang premium dalam game), produk JD Sports, dan potongan harga belanja di JD Sports.


JD Sports berkata:


BACA JUGA: Mobile Legends membawa pulang penghargaan Esports Mobile Game of The Year di ajang Esports Awards 2024


“JD selalu percaya pada pentingnya mendorong batasan dan menjadi yang terbaik untuk mencapai tingkat persaingan baru. Dan MLBB adalah salah satu komunitas terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat, jadi JD selalu tertarik untuk tumbuh bersama komunitas. Kami percaya setiap anggota komunitas MLBB memiliki potensi untuk meningkatkan permainan mereka, baik di dalam maupun di luar arena game. Dengan 'UP YOUR GAME', kami berharap dapat memberi mereka peluang yang tepat untuk melakukan hal itu.”


Setelah MPL Singapore Season 6 yang sukses, McDonald's Singapore menandatangani kemitraan selama satu tahun di Season 7 dan 8 sebagai Sponsor Utama liga.


Didedikasikan untuk memajukan dunia esports dan game lokal, kolaborasi selama Musim 8 akan menghasilkan berbagai aktivitas pemasaran dan kampanye menarik yang akan disukai penggemar sepanjang musim. 


Penggemar merek ikonik dan MLBB juga akan senang melihat Golden Arches menghiasi peta pertempuran selama pertandingan MPL Singapura. Drina Chee, Direktur Senior, Pemasaran & Pengalaman Pelanggan Digital di McDonald's Singapura, mengatakan:


“McDonald's dengan senang hati mengumumkan kemitraan dinamis ketiganya dengan MLBB, yang menampilkan Crispy Chicken McCrispy® sebagai inti dari kolaborasi yang menarik ini. Setelah sukses di musim sebelumnya, Chicken McCrispy® terus menjadi favorit di kalangan gamer, menawarkan cara lezat untuk tetap berenergi selama permainan yang intens.


Kolaborasi ini telah memberikan dampak yang signifikan dengan keberhasilan integrasi Chicken McCrispy® di Musim 6 dan 7 MLBB, di mana ia memainkan peran penting dalam menjangkau komunitas. Di kedua musim tersebut, Chicken McCrispy® meningkatkan pengalaman bermain game dan melibatkan penggemar dengan cara baru.




Nantikan apa yang akan kami lakukan selanjutnya saat kami terus memperkuat kemitraan yang sukses ini dan menghadirkan lebih banyak kegembiraan bagi komunitas McDonald's dan MLBB! Kami tak sabar untuk mendukung musim terbaru MPL Singapura. Melalui kerja sama berkelanjutan dengan MOONTON Games, menu favorit McDonald's kami akan berjalan beriringan dengan menciptakan momen yang tak terlupakan bagi penggemar McDonald's dan MPL Singapura.”


Diselenggarakan bersama oleh MOONTON Games dan Zenway Productions, satu-satunya liga esports profesional di negara ini kembali untuk Musim 8 setelah juara lokal NIP Flash, mengamankan posisi empat besar di MLBB Mid-Season Cup (MSC) 2024, yang diadakan bersamaan dengan Esports World Cup (EWC) 2024 di Riyadh, Arab Saudi.


Lee Jian Ming, Pendiri dan Direktur Pelaksana Zenway Productions, mengatakan:


"McDonald's Singapura tetap menjadi mitra setia liga, dan kami sangat gembira menyambut Rohto dan JD Sports ke dalam keluarga MPL Singapura Musim 8. Kemitraan ini menyoroti kancah esports Singapura yang sedang berkembang, dan kami gembira menyaksikan musim penuh aksi lainnya. Finis empat besar juara bertahan lokal NIP Flash baru-baru ini di MSC 2024 menunjukkan bahwa Singapura memiliki potensi untuk menjadi kekuatan dominan dalam kancah esports MLBB profesional. Ini adalah visi yang diyakini MPL Singapura sejak Hari Pertama, dan kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan mitra kami untuk mendukung kancah esports lokal dan atlet esports kami."


Daniel Chew, Kepala Esports untuk Singapura di MOONTON Games, mengatakan:


"Singapura melampaui semua ekspektasi di MSC 2024 baru-baru ini, mengungguli semua kawasan di luar Tiga Besar kekuatan MLBB Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Semua mata akan tertuju pada Singapura untuk Musim 8, karena kami telah terbukti menjadi pesaing yang kecil namun tangguh. Keberhasilan ini sebagian berkat dukungan McDonald's Singapura, bersama dengan pendatang baru JD Sport dan Rohto, yang mengangkat komunitas esports dan mendorong satu-satunya liga esports profesional Singapura maju. Musim yang intens akan datang dengan para pemain lokal berbakat kami yang berjuang untuk muncul sebagai juara dan mewakili Singapura di Kejuaraan Dunia M6 di Kuala Lumpur, Malaysia."


Delapan tim terbaik Singapura akan menghadiri MPL Singapura Musim 8. Mereka akan mengincar bagian terbesar dari kumpulan hadiah SG$100.000 dan kehormatan mewakili negara di Kejuaraan Dunia M6 mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia. Pemenangnya akan berkesempatan untuk mengharumkan nama negaranya sekali lagi di kancah internasional dan mendapatkan sebagian dari total hadiah sebesar US$1.000.000.


Musim Reguler MPL Singapura Musim 8 akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 24 September, dengan babak playoff berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 Oktober.

Mobile Legends membawa pulang penghargaan Esports Mobile Game of The Year di ajang Esports Awards 2024

Ajang Esports Awards 2024 telah berakhir dengan Mobile Legends yang membawa pulang penghargaan Esports Mobile Game of The Year. Namun, siapa saja pemenang lainnya?




Mobile Legends: Bang Bang sukses membawa pulang penghargaan Esports Mobile Game of The Year di ajang Esports Awards 2024. IP MOONTON Games tersebut mengalahkan tujuh judul lainnya dan berhasil masuk nominasi penghargaan di edisi 2024.




Ini merupakan kali kedua berturut-turut Mobile Legends SUPERJITU mendapatkan penghargaan tersebut. Namun, selain masuk nominasi di kategori Mobile Game of The Year, game tersebut juga masuk dalam salah satu finalis Esports Game of The Year.




Ray Ng, Kepala Ekosistem Esports di MOONTON Games, berkata:


"Merupakan suatu kehormatan untuk berada di sini. Atas nama MOONTON Games dan MLBB, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada komunitas, tim esports, penyelenggara, dan mitra kami yang percaya pada apa yang kami bangun. Tanpa Anda, tidak akan ada MLBB Esports. Kami terus membangun ekosistem terbuka yang beragam, inklusif, dan kompetitif untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi para pemain dan penggemar kami di seluruh dunia."


Ia menambahkan:


"Namun, kami tidak berhenti di sini. Kami memiliki banyak acara esports menarik yang berlangsung di paruh kedua tahun kalender ini, seperti M6 World Championship, turnamen MLBB Esports internasional unggulan kami, dan edisi ketiga M Summit, konferensi industri tertutup tahunan kami, di Malaysia. Mohon terus dukung kami saat kami berusaha untuk memberikan hal-hal yang lebih besar dan lebih baik. Maju terus!"


Malam penganugerahan adalah malam terakhir dari rangkaian Piala Dunia Esports, di mana Mobile Legends: Bang Bang berhasil menyelenggarakan dua turnamen. Dua ajang tersebut adalah Mid-Season Cup 2024 dan The MLBB Women Invitational 2024. Kedua turnamen tersebut merupakan edisi paling populer dari ajang tersebut.


Namun, The 2024 Esports Awards jauh lebih besar daripada penghargaan esports seluler. Ajang ini memiliki lima belas penghargaan yang dibagi antara individu, merek, dan organisasi. Berikut adalah semua pemenang Esports Awards 2024:


BACA JUGA: JD Sports menggalang dukungan bagi para gamer MLBB untuk "UP YOUR GAME" di MPL MYSG


- Analis Esports Tahun Ini: Jacob "Pimp" Winneche

- Pemimpin Komunitas Esports Tahun Ini: Marc Robert "Caedrel" Lamont

- Mitra Komersial Esports Tahun Ini: Red Bull

- Game Esports Seluler Tahun Ini: Mobile Legends: Bang Bang

- Tim Kreatif Esports Tahun Ini: Team Liquid

- Platform Konten & Liputan Esports Tahun Ini: Liquipedia

- Penerbit Esports Tahun Ini: RIOT Games

- Konten Esports Tahun Ini: GODS - Worlds 2023 Anthem untuk League of Legends

- Game Esports Tahun Ini: VALORANT

- Grup Konten Esports Tahun Ini: S8UL Esports

- Game Terobosan Esports Tahun Ini: Teamfight Tactics

- Pemain Terobosan Esports Tahun Ini: Stanislav "Malr1ne" Potorak

- Prestasi Seumur Hidup dalam Esports: Jens Hilger

- Streamer Tahun Ini: RIVERS

- Tokoh Esports Tahun Ini: Seth "Scump" Abner


Penghargaan Esports akan kembali pada akhir tahun 2024 di London untuk Bagian 2 acara tersebut.

Kamis, 29 Agustus 2024

JD Sports menggalang dukungan bagi para gamer MLBB untuk "UP YOUR GAME" di MPL MYSG

Merek olahraga global JD Sports menjadi mitra resmi MPL Malaysia Musim 14 dan MPL Singapura Musim 8 dengan kampanye "UP YOUR GAME".




JD Sports, peritel multisaluran global, resmi menjadi mitra dengan sisi esports Mobile Legends: Bang Bang untuk memotivasi para penggemar esports agar melampaui batasan mereka, baik di arena permainan maupun melalui gaya busana.


Kemitraan ini akan menampilkan peluncuran kampanye "UP YOUR GAME", yang menurut siaran pers, menjembatani dunia mode dan esports dengan menawarkan hadiah eksklusif kepada para penggemar berupa kartu hadiah dan Diamond dalam game MLBB, produk JD Sports, dan potongan harga belanja di JD Sports.


Selain itu, JD Sports SUPER JITU akan mensponsori aktivasi online dan offline di MPL Malaysia Musim 14 dan MPL Singapura Musim 8 sebagai Mitra Esports Resmi.


JD Sports juga akan menjadi Official On-Ground Partner dan Official Thai Broadcast Partner di M6 World Championship mendatang di Malaysia, yang akan diselenggarakan pada akhir tahun.


BACA JUGA: MPL ID Season 14 Minggu 1 Hari 1: Musim dimulai!




Krystal Tan, Esports Business Development Manager di MOONTON GAMES, berkata:

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan salah satu peritel paling terkenal di dunia dalam bidang mode olahraga. Olahraga tradisional dan esports memiliki banyak kesamaan, seperti keduanya berlangsung di lingkungan yang kompetitif dan menawarkan nilai hiburan yang luar biasa. Selain itu, kami memiliki wawasan bahwa ada juga kesamaan yang kuat antara basis penggemar kami masing-masing, keduanya bersemangat, muda, dan bergaya. Komunitas MLBB dapat menantikan beberapa aktivasi yang menarik musim ini!"


"JD selalu percaya pada pentingnya melampaui batasan dan menjadi yang terbaik untuk mencapai level kompetitif yang baru. Dan MLBB adalah salah satu komunitas terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat, jadi JD selalu tertarik untuk tumbuh bersama komunitas. Kami percaya setiap anggota komunitas MLBB memiliki potensi untuk meningkatkan permainan mereka, baik di dalam maupun di luar arena permainan. Dengan 'UP YOUR GAME', kami berharap dapat memberi mereka kesempatan yang tepat untuk melakukan hal itu."


MPL Malaysia adalah liga esports terpopuler dan terlama di Malaysia. Musim ke-13 yang baru saja berakhir adalah yang paling banyak ditonton, mencatat 631.186 Peak Concurrent Viewers (PCV), menurut platform analitik esports Esports Charts.


Liga ini adalah kandang bagi Selangor Red Giants, juara MSC 2024. Tahun ini, dua tim dari liga tersebut akan berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia M6 mendatang setelah kehilangan satu slot di iterasi sebelumnya.


MPL Singapura adalah kandang bagi NIP Flash, yang tampil mengagumkan di MSC 2024. Musim ke-8 akan menjadi saksi kembalinya HomeBois SG ke liga setelah kehilangan tempatnya terhadap Asteris di Musim ke-7. Namun, Rift Esports mengakuisisi susunan pemain Asteris, yang membuat mereka memenuhi syarat untuk bermain di liga tersebut.

Selasa, 27 Agustus 2024

MPL ID Season 14 Minggu 1 Hari 1: Musim dimulai!

MPL Indonesia Season 14 telah dimulai dengan kemenangan telak Fnatic ONIC dan ketegangan antara EVOS Glory dan Dewa United.




MPL Indonesia Season 14 SUPERJITU telah resmi dimulai dengan dua pertandingan antara empat tim yang saling bertolak belakang di bursa transfer. Fnatic ONIC menunjukkan dominasinya atas MPL Indonesia dengan mengalahkan Team Liquid ID dengan skor 2-0. Di pertandingan kedua, Dewa United Esports berhasil menundukkan runner-up MPL Indonesia Season 13 dengan skor 2-1.


Fnatic ONIC memasuki pertandingan melawan Team Liquid ID sebagai juara Season 13. Mereka mempertahankan skuad mereka dari musim sebelumnya kecuali Butss yang keluar sebelum musim dimulai. Di sisi lain, Team Liquid mempromosikan dua anggota MDL mereka dan merekrut Jeymz dari cabang PH Academy.


Pertandingan antara keduanya berjalan sesuai harapan karena sang juara bertahan menunjukkan kehebatan dalam mekanika dan makro-gameplay. Gameplay mereka menunjukkan keinginan mereka untuk lolos ke turnamen internasional MLBB terbesar musim ini, M6 World Championship.


BACA JUGA: Daftar pemain resmi MPL Indonesia Season 14


Game pertama antara keduanya adalah pembersih karat dari sang juara bertahan saat mereka mengalahkan Team Liquid ID dalam pertandingan 22 menit. Sementara pemain lain tampak membersihkan karat ring mereka, Kairi dan Lutpii menunjukkan bahwa mereka selalu dalam kondisi prima saat mereka mengungguli lawan mereka.


Game kedua tidak lagi menjadi sesi pembersihan karat oleh jajaran Fnatic ONIC karena mereka mengalahkan lawan mereka dalam waktu yang lebih cepat. Namun, sama seperti di game sebelumnya, Lutpii dan Kairi sepenuhnya menguasai peta dengan ketepatan waktu mereka saat mereka mengungguli jajaran Team Liquid ID secara makro. Dua nol, skor di akhir pertemuan mereka.




EVOS Glory mengandalkan susunan pemain dari musim sebelumnya, di mana mereka berhasil mencapai grand final dan mengamankan slot di MSC 2024 dengan Douma sebagai satu-satunya tambahan pemain di tim. Di sisi lain, Dewa United Esports merombak susunan pemain mereka dengan Watt sebagai anggota senior tim dan harus membawa mereka menuju kejayaan.


Pertandingan antara EVOS Glory dan Dewa United Esports memiliki nuansa yang berbeda dari pertandingan terakhir di Hari 1. Kedua tim saling silih berganti menang sebelum akhirnya menyelesaikannya di Game 3 yang menegangkan. Game ketiga berlangsung selama 23 menit sebelum pertahanan EVOS Glory akhirnya hancur dan base turret mereka hancur.


Pada akhirnya, Dewa United Esports berhasil menang dengan skor 2-1 atas sang Juara Dunia M1.

Senin, 26 Agustus 2024

Daftar pemain resmi MPL Indonesia Season 14

Setiap tim di MPL Indonesia Season 14 telah mengumumkan daftar pemainnya. Saatnya melihat tim mana yang membuat perubahan terbesar!




MPL Indonesia Season 14 sudah di depan mata, dan semua tim telah mengumumkan daftar pemain mereka untuk liga yang akan datang. Dengan slot di M6 World Championship yang dipertaruhkan, ini adalah momen menentukan bagi setiap tim yang berpartisipasi di musim ini. Turnamen akan dimulai pada tanggal 9 Agustus 2024.


Berikut adalah daftar pemain lengkap MPL Indonesia Season 14:


Alter Ego



Tim pertama dalam daftar dan salah satu tim yang membuat perubahan signifikan pada daftar pemain mereka, berbeda dengan musim sebelumnya, adalah Alter Ego Esports. Mereka menurunkan Tazz dan Celiboy, dua pilar mereka dari musim lalu, ke skuad MDL mereka. Mereka juga mendatangkan dua pemain dari skuad Fnatic ONIC Prodigy untuk melengkapi susunan pemain mereka.


Susunan pemain Alter Ego untuk MPL Indonesia Season 14:


- Syauki Fauzan “NINO” Sumarno

- Manuel “Nnael” Simbolon

- Faiskal “RoundeL” Khadafi

- Dhannya Posa “Haiz” Hoputra

- Owen “Owennn” Alexander

- Gilbert “Gebe” Arihta


Bigetron Alpha



Mungkin salah satu kekecewaan dari musim lalu setelah awal musim yang gemilang, roster Bigetron Alpha mengalami perombakan dalam staf kepelatihan mereka setelah Khezcute dan NMM meninggalkan tim; mereka merekrut Wuraaaah dari Geek Fam dengan status pinjaman.


Mereka juga meminjamkan Lord JM ke Blacklist International sekaligus menyambut Luke dari Geek Fam dan Finn dari skuad Beta mereka.


Berikut roster Bigetron Alpha untuk MPL Indonesia Season 14:


- Luke

- Kenneth “Kenn” Marcello

- Marcel Juan Moreno “Moreno” Sinulingga

- Eman LLanda “EMANN” Sangco

- Hengky “Kyy” Gunawan

- Muhammad Arifin “Finn” Hikmatullah


Dewa United Esports



Roster Dewa United Esports merupakan salah satu susunan pemain paling unik di liga saat ini. Mereka merekrut Xorizo ​​dari Bigetron Alpha, Hijumee dari EVOS Icon, Muezaa dari Geek Fam Jr., mempromosikan Azuraa dari tim MDL mereka, dan Ervan/Belin dari Geek Fam dengan status pinjaman. Perpaduan unik dari mayoritas tim di liga ini dapat memberikan dampak jika Watt dapat memimpin mereka dengan tepat.


Berikut roster Dewa United Esports untuk MPL Indonesia Season 14:


- I Gusti Made Indra “Xorizo” Dwipayana

- Reynaldo “Reyy” Ferdiand

- Dalvin “Hijumee” Ramadhan

- Supriadi Dwi “Watt” Putra

- Muezzaa

- Kimura

- Rohib Bingkas “Azuraa” Pambudi


EVOS Glory



Dengan pencapaian mereka di slot MSC 2024 setelah awal yang buruk di Season 13, mungkin tidak perlu ada perubahan pada susunan pemain EVOS Glory. Satu-satunya perubahan yang mereka lakukan untuk Season 14 adalah mempromosikan Douma dari EVOS Icon. Mereka juga mempromosikan Naitomea dari susunan pemain MDL mereka untuk membantu G setelah Theo memutuskan untuk rehat sejenak di musim ini.


Berikut susunan pemain EVOS Glory untuk MPL Indonesia Season 14:


- Regi “Fluffy” Marviola

- Junisen “Anavel” Lo

- Adriansyah “Claw Kun” Lesmana

- Jabran Bagus “Branz” Wiloko

- Rachmad “DreamS” Wahyudi

- Douma

- Thimoty Tonny “Panser” Meilinium


Fnatic ONIC



Salah satu susunan pemain paling dominan dalam sejarah MPL Indonesia SUPERJITU, mereka berhasil meraih tiga kemenangan musim lalu setelah berhasil mempertahankan status juara mereka. Satu-satunya perubahan yang mereka lakukan untuk Season 14 adalah memasukkan pemain veteran Marsha/Stev ke dalam susunan pemain untuk menjadi pemain cadangan mereka setelah Butsss memutuskan untuk meninggalkan susunan pemain.


Berikut susunan pemain Fnatic ONIC untuk MPL Indonesia Season 14: 

- Lutpiii

- Kairi “Kairi” Ygnacio Rayosdelsol

- SANZ

- Calvin “CW” Winata

- Nicky “Kiboy” Fernando

- Albert Neilsen “ALBERTTT” Iskandar

- Stev


BACA JUGA: MPL ID Season 14: Para tim akan berlaga di Minggu ke-1 yang epik


Geek Fam


Salah satu jagoan di Season 14 setelah penampilan gemilang Geek Fam di Season 12. Mereka membuat beberapa perubahan krusial pada susunan pemain setelah pilar mereka hengkang dari Season 13. Namun, Geek Fam ID memutuskan untuk lebih mengandalkan susunan pemain MDL mereka untuk memasok tenaga. Mereka hanya merekrut Vincenttt dan meminjam Veldora dari EVOS Icon musim ini.


Berikut susunan pemain Geek Fam untuk MPL Indonesia Season 14:


- Mercy “Gobs” Ratuliu

- Vincent Frandica “Vincentt” Suwnadhi

- Valent Agriansyah “Aboy” Putra

- Mohammad Dwi Chandra “Caderaa” Pambudi

- Allen Jedric “Baloyskie” Baloy

- Christian Demsy “Mas4Ko” Wagiu

- Kenley “Veldora” Zefanya


Rebellion Esports



Rebellion Esports kehilangan salah satu pemain terbaiknya, Vincentt, yang pindah ke Geek Fam sebelum memulai kiprahnya di Season 14. Mereka juga berpisah dengan Moai dan mengembalikan Deee ke ONIC Prodigy. Namun, mereka berhasil merekrut mantan pemain RRQ Hoshi/Sena, Aether, dan mantan pemain berbakat Bigetron Alpha, Matt, ke dalam tim untuk mengisi kekosongan tersebut.


Berikut susunan pemain Rebellion Esports untuk MPL Indonesia Season 14:


- Karsten “Karss” William

- Jason “Aether” Keane Zefanya

- Attanasius David Halomoan “Swaylow” Sihaloho

- Matthew “MATT” Geraldo

- Audycs

- Ryyo


RRQ Hoshi



Mungkin perubahan terbesar dan paling berani bagi sebuah tim di MPL Indonesia sejauh ini. RRQ Hoshi berpisah dengan semua talenta Filipina mereka di Irrad, Brusko, dan Vren, memilih untuk mempercayai Khezcute dan NMM untuk memimpin tim. Mereka juga mencoret hampir semua anggota susunan pemain Season 13 mereka kecuali Skylar dengan lima pemain yang direkrut untuk musim ini.


Berikut susunan pemain RRQ Hoshi untuk MPL Indonesia Season 14:


- Dyrennn

- Arthur “Sutsujin” Sunarkho

- Hajirin “Rinz” Arafat

- Schevenko David “Skylar” Tendean

- Said Ali “idok” Ridho

- Muhammad “Hazle” Balakosa


Team Liquid ID



Mantan susunan pemain Aura Fire berpisah dengan High sebelum musim dimulai, dengan Yehezkiel memperkuat susunan pemain Team Liquid Academy ID musim ini. Team Liquid ID merekrut Jeymz dari Team Liquid Academy PH dan mempromosikan Ritchi dan Aeron dari susunan pemain MDL mereka. Tidak ada perubahan dalam staf pelatih mereka karena mereka mempercayai proyek SaintDeLucaz.


Berikut susunan pemain Team Liquid ID untuk MPL Indonesia Season 14:


- James “Jeymz” Gloria

- Gugun “Gugun” Pratama

- Fikri “Ritchi” Muhammad

- Leonardo Prasetyo “Kabuki” Agung

- Tristan “YAWI” Cabrera

- Aldhia “Aran” Aranda

- Sultan “Aeron” Muhammad


Mungkin ini adalah salah satu musim MPL Indonesia yang paling seru sejauh ini, karena slot M6 World Championship dipertaruhkan. RRQ Hoshi, dengan susunan pemain yang dibangun kembali, atau EVOS Glory yang tetap menggunakan skuad Season 13 mereka, formula mana yang akan muncul sebagai yang terbaik akan terlihat di musim reguler.

Minggu, 25 Agustus 2024

MPL ID Season 14: Para tim akan berlaga di Minggu ke-1 yang epik

Musim keempat belas MPL Indonesia dimulai hari ini, dengan sembilan tim memulai pertarungan mereka di Regular Season dengan harapan menjadi juara.




Rasanya sudah lama sekali kita tidak berada di Mobile Legends Professional League, tetapi hari ini, 9 Agustus, para tim akan kembali beraksi di Season 14 di Indonesia. Dengan 9 tim yang bertarung selama Regular Season selama sembilan minggu, ada banyak hal yang bisa dimainkan, terutama setelah Season 13 menghasilkan penantang baru untuk gelar juara Fnatic ONIC. Dengan mengingat hal itu, Minggu ke-1 Regular Season menjanjikan sejumlah aksi hebat, dengan beberapa pertarungan yang sangat menarik untuk dinantikan.


Jumat, 9 Agustus

- Fnatic ONICvsTeam Liquid ID

- Dewa United EsportsvsEVOS Glory


Hari pembukaan MPL ID Season 14 hadir dengan dua seri menarik TOGEL ONLINE, keduanya menampilkan tim dari 2 tim teratas Season 13. Dengan ONIC dan EVOS yang kehilangan pijakan di MSC 2024, ada peluang besar untuk beberapa kejutan awal di Hari 1.


Sabtu, 10 Agustus

- Bigetron AlphavsTeam Liquid ID

- EVOS GloryvsRRQ Hoshi

- Alter Ego EsportsvsGeek Fam ID


BACA JUGA: Komentar Yawi dan Jeymz dari Team Liquid ID tentang perombakan besar-besaran roster MPL PH Musim 14


Seri hari Sabtu menjanjikan akan sama serunya, dengan beberapa pertarungan menakjubkan yang akan terjadi. Fokus utama kami adalah pada Robots, yang menyerbu melalui Musim Reguler terakhir kali, berakhir di tempat pertama sebelum playoff menjatuhkan mereka. Namun, ini jelas bukan satu-satunya tim yang berminat, karena RRQ Hoshi ingin membangun kembali dan kembali ke puncak, dan GFID bermimpi masuk ke 2 besar.


Minggu, 11 Agustus

- Fnatic ONICvsRebellion Esports

- Bigetron AlphavsRRQ Hoshi

- Dewa United EsportsvsGeek Fam ID


Menutup Minggu ke-1 Musim Reguler MPL ID Musim 14 akan menjadi rangkaian seri fantastis lainnya. ONIC, sekali lagi, akan menjadi tim yang patut diperhatikan, terutama jika mereka akhirnya kalah dalam beberapa pertandingan awal – sementara Dewa dan Rebellion akan berharap bahwa mereka dapat masuk ke babak playoff musim ini.


Secara keseluruhan, Minggu ke-1 menjanjikan banyak aksi, karena sembilan tim memulai perjuangan berat mereka di Musim Reguler MPL ID. Apakah ONIC akan mengklaim gelar kelima mereka secara berturut-turut masih harus dilihat, tetapi para penantang Musim 14 pasti akan memiliki banyak hal untuk dikatakan saat kita menuju turnamen.

Sabtu, 24 Agustus 2024

Komentar Yawi dan Jeymz dari Team Liquid ID tentang perombakan besar-besaran roster MPL PH Musim 14

Yawi dan Jeymz dari Team Liquid ID mengomentari situasi perombakan besar-besaran di MPL Filipina Musim 14.




Tristan “YAWI” Cabrera dari Team Liquid ID dan rekrutan baru James “Jeymz” Gloria mengomentari situasi di MPL Filipina Musim 14, di mana perombakan besar-besaran roster membuat Aurora Gaming dan Blacklist International ikut membangun ulang, dan masih banyak lagi.


Jeymz mengatakan SUPER JITU musim ini di MPL Filipina akan lebih kompetitif karena banyak tim yang berinvestasi besar pada pemain mereka, dengan investasi ini memungkinkan tim untuk membuat tim super dan susunan pemain impian mereka sendiri. Ia berpikir musim ini akan lebih menarik daripada musim sebelumnya dengan adanya perombakan. Yawi senada dengan pernyataan Jeymz dan tidak menambahkan apa pun karena ia hanya berkata, “Saya juga”. “Musim ini di Filipina lebih kompetitif karena banyak tim yang membuat tim super mereka, membuat susunan pemain impian mereka, dan juga banyak berinvestasi pada pemain. Jadi, saya pikir musim ini akan lebih menarik dan lebih kompetitif.”




Pernyataan ini bisa jadi benar mengingat banyaknya perubahan di kawasan ini dalam beberapa bulan terakhir. Yang pertama dan jelas, tentu saja, masuknya Aurora Gaming ke dalam liga. Tim tersebut merekrut mantan anggota Blacklist International ke dalam jajaran mereka, termasuk duo V33Wise, untuk menjadi direktur kreatif mereka.


BACA JUGA: 1xBet Supernova dimulai hari ini


Dengan banyaknya anggota yang hengkang, Blacklist International juga membangun kembali daftar pemain mereka dari awal. Mereka mendatangkan tujuh pemain dan dua staf pelatih. ESON juga bergabung dengan staf pelatih, mengubah perannya di tim dari pemain menjadi asisten pelatih.


Selain Blacklist, tim lain yang mengalami perombakan besar adalah TNC Pro Team dan FNATIC Onic PH. Pembubaran Minana EVOS menjadi bagian besar dari perombakan tim-tim besar di Filipina ini, karena mantan pemain mereka menjadi komoditas yang diminati di antara tim-tim ini.


Menarik untuk melihat tim mana yang akan menang di MPL Filipina Musim 14, yang juga menyangkut masalah kualifikasi Kejuaraan Dunia M6.

Jumat, 23 Agustus 2024

1xBet Supernova dimulai hari ini

Kami sempat rehat sejenak dari MLBB minggu ini, tetapi menjelang akhir pekan, kami punya banyak hal yang akan terjadi – termasuk turnamen 1xBet Supernova.




Hari ini, 8 Agustus 2024, kita akan menyaksikan turnamen Mobile Legends: Bang Bang baru dimulai, saat turnamen 1xBet Supernova hadir di Almaty, Kazakhstan. Dengan enam tim yang memperebutkan hadiah sebesar $100.000, acara ini merupakan cara yang bagus bagi beberapa tim untuk mendapatkan waktu bermain sebelum mereka memasuki musim Mobile Legends Professional League dalam beberapa minggu mendatang. Turnamen ini berlangsung dari 8 hingga 10 Agustus, di mana kita akan melihat seorang juara dinobatkan dalam grand final best-of-seven yang menakjubkan.


Babak Grup yang Cepat

Dengan hanya enam tim TOGEL ONLINE yang dibagi menjadi dua grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim, kita akan menyaksikan Babak Grup yang sangat cepat menuju turnamen Supernova – dengan semua orang memainkan pertandingan awal mereka pada Hari ke-1. Tanpa eliminasi, tim-tim akan bermain untuk posisi teratas di grup masing-masing, yang akan membawa mereka ke babak playoff, sementara dua tim yang tersisa dari setiap grup akan menuju ke Play-Ins. Babak Grup menampilkan enam seri best-of-three, karena setiap tim di setiap grup bermain dalam satu turnamen gaya round-robin.


Setelah kita mencapai babak berikutnya, Play-in akan melihat eliminasi pertama kita, sementara tim-tim di Upper Bracket Playoff akan memiliki urat nadi dari Lower Bracket, jika mereka membuat kesalahan dan kalah. Sementara semua pertandingan akan menjadi best-of-three, Final Lower Bracket akan menjadi best-of-five – sementara grand final akan menjadi pertarungan best-of-seven antara dua penantang terakhir yang tersisa.


BACA JUGA: Pemilik Geek Fam Akui Ada Ketertarikan dari Organisasi Internasional untuk MPL Indonesia S14


Tim-tim sudah ditentukan

Meskipun ini mungkin tampak seperti turnamen kecil, turnamen ini jelas tidak memiliki tim kecil yang berpartisipasi, karena kita melihat daftar tim-tim yang sangat terkenal dari seluruh dunia.


- Team Spirit

- MadBulls

- IHC Esports

- Falcons AP. Bren

- Team Liquid PH

- Aurora Gaming


Dengan turnamen yang sudah dimulai saat tulisan ini dibuat, akan sangat menarik untuk melihat apakah tim-tim seperti Liquid Echo dan Bren akan menggunakan ini sebagai ajang uji coba untuk MPL PH Season 14 mendatang – dan, yang lebih penting, apa yang dapat dilakukan Aurora sebagai tim baru di blok ini.

Kamis, 22 Agustus 2024

Pemilik Geek Fam Akui Ada Ketertarikan dari Organisasi Internasional untuk MPL Indonesia S14

Pemilik Geek Fam, Lim Keat Kuang, mengakui bahwa organisasi internasional tertarik untuk bekerja sama dengan mereka dan tim lain di MPL Indonesia.




Pemilik Geek Fam ID, Lim Keat Kuang, mengakui bahwa organisasi internasional tertarik untuk bekerja sama dengan timnya dan tim lain di MPL Indonesia saat konferensi pers pramusim MPL Indonesia Season 14. Keat mengatakan semua itu karena betapa dinamis dan menariknya MPL Indonesia sebagai liga dan pasar yang kompetitif.


Meskipun Keat mengakui ada pembicaraan dengan organisasi internasional, ia tidak tahu bagaimana hasilnya. Namun, diskusi ini adalah tentang menyelaraskan rencana strategis dan kepentingan antara kedua belah pihak. Ia menyatakan bahwa ia tidak dapat berbicara banyak tentang hal ini karena ia juga belum tahu apa yang sedang terjadi.


Namun, Keat menilai kedatangan organisasi internasional ke MPL Indonesia SUPER JITU merupakan hal yang baik karena dapat membawa ide-ide baru bagi liga tersebut, dan chemistry serta sinergi seperti ini dapat membawa sesuatu yang baik bagi ekosistem esports Indonesia.


BACA JUGA: Daftar pemain resmi MPL Filipina Musim 14




Ia tidak tahu apakah kedatangan tersebut akan menyulitkan Geek Fam di liga, tetapi menurutnya, peluang terletak di tengah kesulitan, karena ia tidak dapat mengendalikan apa yang terjadi di seluruh dunia, tetapi ia dapat mengendalikan bagaimana ia bereaksi terhadapnya. Ia menantikan apa yang akan terjadi pada liga tersebut dengan kedatangan semua organisasi tersebut.


Untuk MPL Indonesia Season 14, Geek Fam mendatangkan empat pemain baru, dua di antaranya merupakan pemain promosi dari skuad Geek Fam Junior. Mereka adalah Vincent Frandica “Vincentt” Suwnadhi dari Rebellion Esports, Mercy “Gobs” Ratuliu dan Christian Demsy “Mas4Ko” Wagiu dari Geek Fam Jr., serta Kenley “Veldora” Zefanya yang dipinjam dari EVOS Glory. Penambahan ini diproyeksikan untuk mengisi kekosongan Luke, Reyy, dan Hazle yang hengkang setelah MPL Indonesia Season 13. Mereka juga mendatangkan Dora sebagai Analis baru mereka setelah Wuraaah hengkang dan bergabung dengan Bigetron Alpha dengan status pinjaman.


Geek Fam akan memulai kampanye MPL Indonesia Season 14 mereka melawan Alter Ego Esports pada 10 Agustus 2024. Pertandingan melawan Alter Ego ini akan menguji skuad mereka di musim baru, karena Alter Ego menurunkan skuad yang baru dirombak untuk turnamen tersebut.

Rabu, 21 Agustus 2024

Daftar pemain resmi MPL Filipina Musim 14

Setiap tim di MPL Filipina Musim 14 telah mengumumkan daftar pemain mereka, berikut adalah daftar lengkap susunan pemain mereka.




MPL Filipina Musim 14 telah mengumumkan tanggal dimulainya turnamen pada 16 Agustus 2024. Sekarang setelah tanggalnya diputuskan, setiap tim MPL Filipina Musim 14 telah mengumumkan daftar pemain mereka untuk kompetisi mendatang.


Penting untuk dicatat: Ada perubahan dalam daftar tim yang berpartisipasi. Aurora Gaming akan menggantikan Minana EVOS, yang bubar sebelum liga dimulai.


Daftar Pemain Tim MPL Filipina Musim 14:


Aurora Gaming




Tim pertama dalam daftar kami adalah Aurora Gaming. Anggota terbaru MPL Filipina Musim 14 menggantikan Minana EVOS yang bubar. Tim Serbia ini pertama kali mengumumkan masuknya mereka ke liga dengan perekrutan inovatif dari dua nama terbesar di MLBB Filipina TOGEL ONLINE, OhMyV33Nus dan Wise. Namun, mereka segera menindaklanjutinya dengan pengumuman daftar pemain resmi untuk Musim 14, dengan V33Wise mengambil peran sebagai Direktur Konten Esports & Gaming.


Daftar pemain Aurora Esports untuk MPL Filipina Musim 14:

-Renejay “RENEJAY” Barcarse

-Jonard Cedrix “DemonKite” Caranto

-Edward Jay “Edward” Dapadap

-Jan Dominic “Domeng” Delmundo

-Kenneth Carl “Yue” Tadeo

-Ben Seloe “Benthings” Maglaque


Blacklist International




Juara Dunia M3 kehilangan hampir semua anggotanya sebelum liga dimulai, dengan mayoritas dari mereka bergabung dengan Aurora Gaming. Enam pemain dan dua pelatih mereka menemukan rumah lain, meninggalkan OHEB, Hadji, Kimpoy, Eson, Bon Chan, dan Calad di tim. Namun, mereka segera menemukan pengganti dan memulai proyek baru dengan sepuluh pemain di daftar pemain. Eson juga mengubah perannya menjadi staf pelatih dengan Bon Chan dan BomBi serta Super Kurt yang baru direkrut. Daftar pemain Blacklist International untuk MPL Filipina Musim 14:

-Salic “Hadji” Imam

-Kiel Calvin “OHEB” Soriano

-Kim “Kimpoy” Dela Cruz

-Gerald “Dlar” Trinchera

-Michael “MP the King” Endino

-Jhon Marl “JM” Sebastian

-MarkTzy

-Dexter “Exort” Martinez

-Jhonville Borres “Outplayed” Villar

-John “Perkz” Sumawan


Falcons AP.Bren


Dengan musim yang bisa dibilang cukup sukses, Falcons AP.Bren tidak mengubah daftar pemain mereka untuk MPL Filipina Musim 14 mendatang dari susunan pemain mereka untuk MSC 2024. Sayangnya, mereka tidak dapat mengamankan trofi karena dikalahkan oleh Selangor Red Giants 4-3 di final MSC 2024 dan dibantai habis oleh Liquid Echo 4-0.


Daftar pemain Falcons AP.Bren untuk MPL Filipina Musim 14:

-FlapTzy

-Michael Angelo “KyleTzy” Sayson

-Angelo Kyle “Pheww” Arcangel

-Marco “SUPER MARCO” Stephen

-Rowgien Stimpson “Owgwen” Unigo

-Vincent “Pandora” Unigo


BACA JUGA: "INI BENCANA", kisah abadi RANGER EMAS di MLBB


Fnatic ONIC Filipina




Fnatic ONIC Filipina merupakan tim lain yang mengubah susunan pemain mereka untuk MPL Filipina Musim 14. Mereka berpisah dengan tiga pemain mereka sebelum musim dimulai: Escalera, BOSS A, dan Jem. Sebagai gantinya, Fnatic ONIC Filipina merekrut Kirk, Brusko, dan SpiderMilez. Dari sisi pelatih, Fnatic ONIC Filipina juga merekrut Haze atau YellyHaze untuk menjadi asisten pelatih menggantikan E2Max yang hengkang ke TNC Pro Team.


Susunan pemain Fnatic ONIC Filipina untuk MPL Filipina Musim 14:

-Jann Kirk Solcruz “Kirk” Gutierrez

-King “K1ngkong” Perez

-Frince Miguel “Super Frince” Ramirez

-Duane “Kelra” Pillas

-Borris James “Brusko” Parro

-Brian “SpiderMilez” Santos


OMEGA Esports




Tim tersebut tidak melakukan perubahan apa pun untuk musim mendatang MPL Filipina Musim 14 karena mereka masih percaya pada susunan pemain musim sebelumnya. Ryota masih memimpin EXP Lane untuk OMEGA Esports saat mereka mencoba meningkatkan posisi ketujuh mereka di Musim 13.


Daftar pemain OMEGA Esports untuk MPL Filipina Musim 14:

-Nowee “Ryota.” Cabailo

-Andrew “Andoryuuu” Flora

-Jayson “Riku” Alupit

-Jomari “Jowm” Pingol

-Joshua “Ch4knu” Mangilog

-Carlito “Ribo” Ribo Jr.


RSG Filipina




Mungkin momen puncak bursa transfer pemain RSG Filipina adalah kembalinya Irrad ke dalam skuad. Pemain jungler itu kembali setelah musim yang mengecewakan di RRQ Hoshi untuk menggantikan Demonkite yang bergabung dengan Aurora Gaming yang baru didirikan. RSG Filipina berhasil meraih posisi ketiga di MPL Filipina Musim 13, hanya terpaut tipis dari posisi MSC.


Jajaran pemain RSG Filipina untuk MPL Filipina Musim 14:

-John “Irrad” Abarquez

-Nathanael Sumpay “Nathzz” Estrologo

-Arvie “Aqua” Antonio

-Clarense Jay “Kousei” Camilo

-Dylan Aaron “Light” Catipon

-Jhondy “Nibor” Ranque


Team Liquid Echo




Team Liquid Echo, juara MPL Filipina Musim 13 dan salah satu tim terbaik di dunia saat ini, tidak mengubah susunan pemain mereka untuk Musim 14 meskipun mereka tidak memenangkan Piala Mid-Season 2024. Akan menarik untuk melihat apakah mereka dapat mempertahankan gelar juara mereka di musim mendatang.


Susunan pemain Team Liquid Echo untuk MPL Filipina Musim 14:

-Sanford “Sanford” Vinuya

-Karltzy

-Alston “Sanji” Pabico

-Frederic Benedict “Bennyqt” Gonzales

-Jaypee “Jaypee” Dela Cruz

-Justine Sadia “Zaida” Palma


TNC Pro Team




Mungkin salah satu bursa transfer terbesar dan paling menarik di MPL Filipina Musim 14, TNC Pro Team mendatangkan lima pemain ke dalam susunan pemain mereka untuk melengkapi perombakan sebelum dimulainya musim baru. Dari Escalera hingga SDzyz, satu-satunya tempat yang tidak berubah adalah EXP Lane mereka.


Jajaran Tim Pro TNC untuk MPL Filipina Musim 14:

-Christian “HEADS” Morada

-Daniel “SDzyz” Chu

-Jaylord “Hatred” Gonzales

-Salvick Guiyab “Kouzen” Tolarba

-Jomearie “Escalera” Delos Santos

-Ken Louie Bermudes “Kzen” Pile

-Lance Cunanan “LanceCy” Cunanan


MPL Filipina Musim 14


Mungkin MPL Filipina paling menarik dalam beberapa tanggal terakhir. Tambahan baru Aurora Gaming tentu akan membawa faktor yang tak terduga itu dengan jajaran mantan pemain Blacklist International mereka dengan sedikit Minana EVOS dan RSG Filipina di Demonkite dan Domeng.


Perombakan Blacklist International dan Tim Pro TNC juga dapat mengacaukan rencana Falcons AP Bren dan Liquid Echo untuk mendominasi liga. Setiap tim di MPL Musim 14 akan bergantung pada keberhasilan ketiga tim tersebut di tahap awal musim dan bagaimana mereka beradaptasi dengannya.

Selasa, 20 Agustus 2024

"INI BENCANA", kisah abadi RANGER EMAS di MLBB

Dari mantan penjual sate hingga caster paling terkemuka di MPL Indonesia, berikut kisah RANGER EMAS dan bagaimana INI BENCANA-nya diabadikan di Mobile Legends.




Ketika berbicara tentang Mobile Legends, kita teringat akan drama, tim, pemain, dan momen-momen yang membuat mereka berjaya. Namun, terkadang kita lupa tentang sosok yang suaranya menarasikan momen-momen, tim, pemain, drama ini, dan membuatnya menjadi puitis.


Mereka adalah para caster; hari ini, kami akan mengangkat salah satu dari mereka dalam sebuah kisah. Inilah kisah RANGER EMAS, caster pertama Mobile Legends yang diabadikan dalam sebuah battle emote.


Untuk kisahnya, kami duduk untuk mewawancarai pria itu sendiri, Fauzianska Ramadhan, yang lebih dikenal sebagai RANGER EMAS atau Oji, sebuah wawancara dengan berkat dari MOONTON Games.


Ia menceritakan awal mula hidupnya yang sederhana dari kesulitan sebelum terjun ke dunia esports hingga menjadi bintang, di mana kini suaranya identik dengan MPL Indonesia.


Kesulitan masa lalunya yang tak terlupakan



Sejak pertama kali berbincang dengannya, kami tahu ia masih merasa tidak percaya diri dengan RANGER EMAS yang diabadikan dalam Mobile Legends, tetapi ia berusaha untuk tetap tenang. Kami bertanya kepadanya, “Apa kabar?” dan ia menjawab dengan yakin, “Saya baik-baik saja.” Saat itu, kami tahu bahwa kami akan mengalami hal yang luar biasa.


Kami bercerita tentang masa lalunya terlebih dahulu dan bagaimana ia memulai perjalanannya di Industri esports. “Jadi, sebenarnya, hal pertama adalah Oji adalah anak yang suka bermain game.” Ia mengaku bahwa ia adalah anak warnet yang sudah bermain di sana sejak kelas 3 SD.


Namun, game SUPERJITU masih dianggap sebagai halangan untuk belajar, sehingga ia tidak memiliki seorang pun yang mendukungnya dalam bermain game.


“Sampai akhirnya, pada tahun 2011, kami harus lebih fokus ke sekolah menengah. Kami berhenti bermain game karena tidak bisa bermain di Warnet. Karena dulu, punya PC di rumah itu susah.” Oji mengaku bukan berasal dari keluarga berada. Ia pun melanjutkan, tidak mungkin langsung kuliah setelah tamat SMA.


Takdir memberinya pilihan untuk masa depannya. Kuliah dan jadi beban keluarga atau bekerja supaya bisa kuliah. Akhirnya, ia memilih bekerja. “Karena tidak punya keahlian, pekerjaan pertama saya jadi sopir pribadi… Lalu, saya jadi sopir ojek online. Dulu, saya salah satu sopir ojek online pertama di Indonesia.”


Selain bekerja, ia juga sempat mencoba mendaftar di akademi militer, tetapi dua kali gagal.


Kegigihannya mencari nafkah untuk keluarga mengantarkannya bekerja di Industri F&B, di mana ia bekerja sebagai barista di sebuah bar makanan sehat. “Ada kesempatan. Rekan saya mengajak saya untuk membuka usaha Sate Taichan.”


Namun, dulu Sate Taichan belum sepopuler sekarang di Indonesia. Sambil menunggu pelanggan, ia bermain Mobile Legends untuk mengisi waktu. “Awalnya kami tidak tahu kalau Mobile Legends itu ada. Sampai kami menunggu tukang sate, ada teman yang main game sejenis MOBA, tapi di ponsel.”


Ia beruntung punya ponsel yang bisa main Mobile Legends. Ia mengaku memainkannya setiap hari sambil menunggu pelanggan datang. “Saya tidak pernah sampai ke Legends sama sekali. Bahkan Epic, saya tidak pernah sampai ke Epic 1 karena saya payah sekali.”


Bersama Mobile Legends, Dewi Fortuna pun berpihak kepadanya. Ia pun bertemu dengan adik kelasnya semasa SMA, Ahmad Syahndy yang lebih dikenal dengan panggilan Senz. “Ternyata, beliau sudah lama mengembangkan esports di Indonesia. Beliau salah satu atasan saya di Revival TV. Namanya Senz.”


BACA JUGA: Fnatic ONIC dan EVOS Glory melaju setelah laga menegangkan di MPL ID S13


Awal Mula RANGER EMAS



RANGER EMAS pertama kali tahu ada kompetisi Mobile Legends saat dirinya mengantarkan 100 tusuk sate untuk Senz saat kualifikasi MPL Season 1 berlangsung.


“Saat itu pun RRQ masih tim kualifikasi… Waktu itu caster Mobile Legends belum banyak. Dua cewek dan dua cowok. Tapi waktu itu, KB, partner saya yang sekarang jadi salah satu anggota Five Brothers, sedang sakit.”


Karena minimnya caster di scene saat itu, MPL memberinya kesempatan untuk membuktikan diri meski belum punya pengalaman casting sebelumnya, hanya bermodalkan keinginan dan tekad semata.


“Dan saya tidak dibayar sama sekali. Itu murni untuk membantu di sana. Waktu jadi caster di sana, saya jadi diri sendiri saja di sana karena nggak ngerti aturan casting. Berisik, kayak yang ada di MPL ID sekarang. Candaannya nggak terlalu segmented,” akunya.


Penampilan pertamanya membuat orang di balik layar terkesan. Salah satu produser bahkan bilang dia bisa jadi caster paling menonjol suatu saat nanti.


“Dulu saya bukan orang yang suka di depan kamera; nggak bisa ngomong di depan kamera, nggak bisa ngomong di depan orang seperti sekarang, kalau nggak ada kesempatan dari MPL.”


Namun, Oji tidak mengubah hidupnya dalam semalam. Perjuangan mencari nafkah masih menghantuinya. “Pertanyaannya bukan mau kerja nggak, tapi teman saya tanya, Oji, besok masih mau makan nggak?”


Gajinya memang bukan yang tertinggi waktu baru terjun di industri ini. Oji harus memilih jalan hidupnya dulu, apakah tetap berjualan sate atau jalan jadi caster yang nggak menentu.


“Penghasilan saya sebagai caster mungkin hanya 1,2 juta sebulan, paling banyak, sementara usaha Taichan saya 3 juta. Tapi saya selalu punya insting, saya bisa; saya tidak tahu kenapa. Saya seorang penjudi; saya berani mengambil risiko. Oke, Taichan, kita tutup, kita lepaskan. Saya menjadi caster.” Dan begitulah Oji memantapkan jalannya menuju ketenaran.


Ia mengambil risiko yang cukup besar untuk melanjutkan perjalanannya di Mobile Legends. Ia baru saja masuk kuliah dengan utang uang kuliah yang besar dan keluarga yang harus dinafkahi. Namun ia bertahan dan menuai hasilnya.


“Kedua teman saya cukup iri dengan apa yang saya miliki karena mereka tidak berani mengambil risiko.”



RANGER EMAS mengaku bahwa musim pertamanya penuh dengan penolakan karena cara casting-nya. Ia mengatakan hypecasting kurang diminati di Indonesia karena orang-orang saat itu lebih menyukai tipe yang kalem.


“Musim pertama cukup berat bagi saya. Esports, yang kami tahu adalah teknis. Cepat, tapi nadanya kalem, tidak berteriak atau menghebohkan, tidak seperti sepakbola atau olahraga. Tapi saya tidak seperti itu; saya tipe yang seperti, yah, diri saya yang sebenarnya.”


Dia berisik dan selalu terlihat bersenang-senang, tetapi di saat yang sama, dia menyentuh hati para penonton. Mereka merasakan getaran di arena, meskipun hanya dari mata mereka.


Namun, tidak semua orang menyukainya, karena dia mengakui ejekan itu terus berlanjut hingga tahun 2019, saat dia memasuki tahun ketiga di kancah Mobile Legends.


Dia kemudian memberi penghormatan kepada 5 Bersaudara, kelompok tempat dia merasa lebih seperti keluarga. “Di Mobile Legends, saya punya 5 saudara. Kami dulu diejek dan dihina; kami dikesampingkan. Tetapi dengan kelima saudara ini, kami menjadi keluarga karena kami berlima yakin bisa membawa Mobile Legends besar. Ada saya, Volva, Abed Ansel, Kornet, dan juga Profesor KB, yang masih di MPL bersama saya.”


Dia percaya bahwa saat ini, hampir semua caster memiliki pola yang sama. Ia merasa menjadi salah satu pelopor casting seperti ini di Indonesia.


Menariknya, produser menyuruhnya untuk memperlambat casting di awal-awal kariernya agar sesuai dengan karakter caster yang kalem. Namun, salah satu anggota 5 Bersaudara, Volva, mengejek cara castingnya yang lambat dan memintanya untuk menjadi dirinya sendiri.


“Suatu kali saat live streaming, saat kami sedang ngobrol, teman saya Volva meminta kertas, kertas yang ada pulpennya. Dia menulisnya karena kami sedang streaming: ‘Pemeranmu jahat, jelek, castingmu. Jadilah dirimu sendiri, jadilah dirimu sendiri.’ Saya terpuruk, sedih, kesal. Saya telepon orang tua saya, minta doa mereka, dan akhirnya mencoba menjadi diri saya yang asli.” Kenang Oji, mengenang sahabatnya yang sudah meninggal.


INI BENCANA yang diabadikan



Lewat MPL Indonesia, Oji merasa menemukan jati dirinya. Dari yang sederhana hingga menjadi besar seperti sekarang di Mobile Legends. Sosoknya identik dengan kompetisi itu sendiri. Hidupnya pun berubah total.


“Dari sangat minus (miskin), sekarang saya bisa beli kendaraan pribadi buat orang tua. Di Indonesia, kendaraan itu penting. Dulu rumah saya bocor kalau kehujanan, sekarang sudah diperbaiki. Saya bisa menyekolahkan adik, kuliah, haji, umrah.”


“Saya bahkan ketemu orang-orang penting karena MPL ID. MPL ID tidak bisa dipisahkan dari jati diri saya. Bahkan saya dikenalkan sebagai salah satu caster MPL ID. Kakak saya yang mengenalkan saya pada salah satu pimpinan keamanan KBRI sebagai salah satu caster terbaik di Indonesia.”


Ia lalu bercerita tentang frasa khasnya INI BENCANA. Seperti yang banyak orang tahu, kata itu sendiri digunakan saat terjadi sesuatu yang buruk di dalam game.


Oji mengatakan bahwa frasa tersebut terinspirasi dari salah satu caster esports terdahulu, TobiWan, atas frasa “It’s a Disaster” yang diucapkannya saat grand final The International 5 antara Evil Geniuses dan CDEC Gaming.


“‘It’s a disaster’ bisa berarti banyak. Ada ‘musibah’, ada yang lain. Kenapa saya pilih ‘bencana’? Karena bencana bisa diartikan sebagai kekalahan tim atau kehancuran tim saat bertanding, musibah sepertinya kurang pas.”


Ia juga mengakui bahwa frasanya tidak terlalu orisinal, karena ia terinspirasi dari TobiWan dan menerapkannya dalam casting-nya.



Namun, ia juga mengecam semua orang yang mengatakan bahwa ia hanya seorang impostor dan mempertanyakan mengapa mereka tidak mencobanya saat itu, dan sekarang setelah terkenal, mereka malah tersinggung.


Oji menceritakan bahwa ketika MOONTON menghubunginya untuk menanyakan apakah ia tertarik membuat Battle Emote INI BENCANA, ia tidak percaya dan terdiam.


Ia pun mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk apresiasi MOONTON terhadap kiprahnya di MPL Indonesia, karena ia menjadi caster pertama yang memiliki Battle Emote.


“Warisan. Uang bisa dicari, tetapi warisan, cerita, sejarah, tidak ada yang bisa digantikan. Akan ada caster lain yang memiliki Battle Emote di dalam game atau di mana pun, tetapi maaf, saya yang pertama.” Ucap Oji dengan bangga.


Ia mengakhiri kisahnya dengan sedikit quote: “Bagi kalian yang tidak percaya betapa sulitnya keadaan saya, bisa melihat RANGER EMAS, mantan sopir, mantan penjual sate, dan betapa kecilnya penghasilan sebagai caster di Indonesia dan sekarang saya bisa sebesar ini. Terima kasih banyak kepada Allah, keluarga, dan MPL ID yang masih mempercayai saya sebagai caster.”


Oji tidak pernah menyerah menghadapi tantangan, dari titik terendah hingga titik tertinggi. Mobile Legends mengabadikan RANGER EMAS sebagai salah satu tokoh paling menonjol dalam game dengan menjadikannya Battle Emote.


Bagi yang lain, INI BENCANA mungkin berarti malapetaka, tetapi baginya, ini adalah momen paling cemerlangnya di Mobile Legends.

Senin, 19 Agustus 2024

Fnatic ONIC dan EVOS Glory melaju setelah laga menegangkan di MPL ID S13

Fnatic ONIC dan EVOS Glory melaju ke final upper bracket setelah laga menegangkan melawan Geek Fam dan Bigetron Alpha.




Fnatic ONIC dan EVOS Glory melaju ke final upper bracket MPL Indonesia Season 13 setelah laga menegangkan melawan Geek Fam ID dan Bigetron Alpha. Keduanya akan bertarung di final upper bracket untuk menentukan siapa yang akan lolos ke Grand Final dan satu tempat di MSC 2024 di Riyadh, Arab Saudi.


Ketika ada yang bilang MPL Indonesia league of legends adalah ajangnya Fnatic ONIC, orang-orang pasti ingat betapa dekatnya mereka dengan kekalahan seri melawan Geek Fam musim ini, karena kedua tim hanya berusaha untuk saling mengalahkan dengan permainan makro mereka.


Fnatic ONIC yang dikenal dengan permainan objektifnya kesulitan untuk membuka permainan mereka saat berhadapan dengan Geek Fam. Runner-up MPL ID S12 menunjukkan bahwa itu bukan sekadar keberuntungan karena mereka, sekali lagi, menerapkan permainan mereka ke dalam rencana Fnatic ONIC dan membuat mereka kehilangan ketenangan.


Game kedua adalah contoh yang bagus dari hal ini, saat mereka melepaskan Novaria, yang memungkinkan Geeks untuk mengambilnya bersama Moskov. Serangan agresif dari keduanya menekan Fnatic ONIC. Pilihan Moskov meniadakan keunggulan rotasi Baxia milik Kairi, karena hero tersebut dapat mengimbangi kerusakannya dengan kemampuan bertahan yang lebih besar.


BACA JUGA: RRQ Hoshi Tersingkir, EVOS Glory Singkirkan Liquid AURA di Playoff MPL ID S13


FNOC akhirnya mendapatkan ritme seri setelah mereka mem-ban Moskov di game ke-4. Mereka juga memilih Uranus dan Fanny untuk Lutpii dan Kairi, yang memungkinkan Jungler tersebut untuk fokus pada Mid dan Gold Lane karena hero yang tangguh itu dapat ditinggalkan sendirian. Dengan pilihan Edith dan X.Borg yang cerdas, Fnatic ONIC mengakhiri seri dengan skor 3-2, menyelesaikan comeback.




Bigetron Alpha, tim teratas di musim reguler, mendapatkan perlawanan hebat saat berhadapan dengan EVOS Glory yang bangkit kembali di playoff MPL Indonesia Season 13. Sang android merah tak kuasa menahan agresi Si Macan Putih yang terus bangkit secara heroik di MPL Indonesia Season 13.


Dari dua game pertama, terlihat jelas bahwa EVOS Glory punya rencana dan tahu cara mengeksekusinya dengan sempurna. Tim yang dipimpin Theo itu mampu meniadakan strategi pickoff Bigetron Alpha secara total karena mereka menggunakan strategi pseudo-empat-lindungi-satu dengan Dream sebagai jangkar utama untuk Branz.


Sayang, rentetan sempurna itu terhenti karena pick Cecilion yang mengejutkan dari Bigetron Alpha benar-benar mengejutkan EVOS Glory di game ke-3. Namun, strategi yang sama tak dapat diulangi lagi karena EVOS Glory menyapu bersih dan menghentikan rentetan android merah itu di upper bracket.


Apakah kebangkitan EVOS Glory bisa mencapai puncak dan membawa kejayaan bagi mereka?

RRQ Hoshi Tersingkir, EVOS Glory Singkirkan Liquid AURA di Playoff MPL ID S13

Dengan kemenangan Geek Fam dan EVOS Glory, RRQ Hoshi dan Liquid AURA pun tersingkir di hari pertama Playoff MPL ID S13.




Sayang, Liquid Aura dan RRQ Hoshi harus meninggalkan Velodrome di Jakarta, Indonesia setelah tersingkir dari playoff MPL Indonesia Season 13. Perjalanan mereka berakhir setelah Geek Fam ID dan EVOS Glory menyingkirkan mereka.


Geek Fam mengalahkan The King of Kings setelah kemenangan telak 3-2 yang nyaris menjadi kekalahan telak bagi RRQ Hoshi. Sang penyelamat para raja itu mengejutkan mereka di play-in untuk mengamankan tempat mereka di seri double-elimination di playoff.


The Fams cs 2 esport memimpin lebih dulu lewat gaya permainan mereka yang unik. Allen Jedric “Baloyskie” Baloy, yang selama ini kurang mendapat perhatian, mendikte permainan di dua game pertama seri tersebut. Dihancurkan habis-habisan di Game 1 oleh Helcurt milik Baloyskie dan Harith milik Caderaa, RRQ Hoshi melakukan kesalahan yang sama dengan melepaskan kedua hero andalan Geek di game kedua, dan hasil yang sama pun terjadi.


Belajar dari dua kekalahan mereka, The King of Kings bangkit dengan melakukan ban terhadap Helcurt, dan hasilnya langsung terlihat. Hilangnya burst dan superior vision milik Helcurt berdampak pada permainan Geek yang harus mengandalkan Mathilda untuk rotasi cepat. Hal ini memberi ruang bagi RRQ Hoshi untuk bangkit dan mendapatkan momentum di dua ronde berikutnya.


BACA JUGA: MPL MY Season 13: Dua tim tersingkir di Hari Pertama Playoff


Ronde terakhir menjadi ajang naik turun bagi kedua tim karena hero andalan Geek kembali di-ban oleh RRQ Hoshi. Momentum jelas berada di belakang mantan juara MPL Indonesia tersebut saat mereka mendominasi permainan di awal. Namun, seiring berjalannya waktu dan sang raja melakukan kesalahan demi kesalahan, Geek tidak menyia-nyiakan peluang dan dengan menyakitkan menghabisi lawan mereka.




Jika pertarungan RRQ Hoshi dan Geek Fam berlangsung ketat dan intens, hal yang sama tidak berlaku pada pertarungan antara Liquid AURA dan EVOS Glory. White Tigers membantai divisi terbaru Liquid dengan kemenangan telak 3-0 atas mereka. Jika babak kedua tidak diperhitungkan, kemenangan EVOS Glory adalah pernyataan yang sangat dibutuhkan bahwa mereka ada di sana untuk memenangkan semuanya.


Pertandingan pertama menjadi ajang latihan bagi kedua tim ini karena mereka saling silih berganti menggunakan keunggulan para jagoan mereka. Liquid mengawali dengan kecepatan rotasi mereka, tetapi EVOS Glory membalas dengan kemampuan bertahan mereka. Tren ini bertahan hingga kesalahan dari Liquid membuka peluang bagi para harimau untuk menerkam dan mengamankan kemenangan mereka.


Pertandingan kedua dan ketiga tidak semenarik pertandingan pertama. Liquid AURA mencari ide untuk melawan pertahanan ketat EVOS Glory. Tidak ada yang ditemukan untuk tim yang seharusnya menjadi favorit karena mereka tersingkir dari playoff MPL Indonesia S13.


Siapa yang akan muncul sebagai juara MPL Indonesia S13?

MPL MY Season 13: Dua tim tersingkir di Hari Pertama Playoff

Hari pertama Playoff MPL Malaysia Season 13 telah berakhir, dengan dua tim sudah merasakan pahitnya eliminasi.




Hari ini menjadi awal dimulainya Playoff Mobile Legends Professional League Season 13 di Malaysia, dengan empat dari enam tim yang tersisa berjuang untuk mempertahankan turnamen mereka di babak Play-in. Todak, King Empire, RSG Malaysia, dan Team HAQ, semuanya harus tersingkir hari ini, dengan kekalahan berarti mereka tersingkir dari turnamen, dan tidak ada harapan untuk mencapai Mid Season Cup 2024. Namun, tim yang menang melaju ke semifinal upper bracket, di mana mereka akan menghadapi Red Giants Esports atau HomeBois, masing-masing – dan memperoleh kesempatan untuk lolos ke lower bracket juga.


Bangkitnya Empire

Hari ini dimulai dengan King Empire dan TODAK entertainment game, yang merupakan seri di mana Swordfish menang di Minggu ke-4 Regular Season. Namun, dengan lebih banyak hal yang harus dimainkan hari ini, kedua tim mengerahkan segenap kemampuan mereka untuk saling berhadapan, sehingga kita memperoleh rangkaian lima pertandingan penuh untuk memulai babak playoff. KGE unggul lebih dulu, memanfaatkan Chip secara maksimal, saat mereka mengalahkan TDK di pertandingan pertama. Menyadari kekuatan Chip, tim tersebut melarang Chip di sisa pertandingan, dan segalanya menjadi sedikit lebih mudah. ​​Bahkan dengan kemenangan yang menakjubkan di pertandingan kedua, Swordfish akhirnya kalah 2-3, menjadikan mereka yang pertama tersingkir dari babak playoff MPL MY Musim 13.


BACA JUGA: Falcons Esports merambah kancah MLBB wanita


RSG MY HAQ tandang

Setelah meraih kemenangan atas Tim HAQ selama Musim Reguler, RSG Malaysia terus mendominasi lawan mereka hari ini. HAQ yang pertama kali mencetak gol, karena mereka berharap untuk mempertahankan keunggulan awal mereka hingga meraih kemenangan. Namun, itu adalah satu-satunya peluang mereka dalam seri tersebut – meskipun mereka hampir bangkit di pertandingan ketiga. Sayangnya bagi HAQ, setelah tiga kali kalah berturut-turut, mereka tersingkir dari turnamen dengan skor 1-3. RSG MY mampu bertahan dan melaju ke babak berikutnya.




Dengan demikian, hanya tersisa empat tim di babak Playoff MPL MY Musim 13, dan kini kita menanti akhir pekan untuk aksi epik lainnya dari upper bracket, dan tim mana pun yang kurang beruntung karena masuk ke lower bracket. Semua ini mengarah ke hari Minggu, 2 Juni, saat juara akan dimahkotai, dan tim tersebut akan lolos ke MSC 2024 akhir tahun ini.

Falcons Esports merambah kancah MLBB wanita

Falcons Esports terus bergerak ke wilayah baru, karena baru-baru ini mereka mengumumkan telah mengakuisisi skuad MLBB wanita.




Akhir-akhir ini, kita telah melihat Falcons Esports merambah dunia esports dan benar-benar menjadi diri mereka sendiri. Di Dota 2, mereka telah membuat gebrakan besar, memenangkan banyak turnamen dalam waktu singkat sejak mereka aktif. Terkait Mobile Legends: Bang Bang, kita juga tidak asing dengan nama, "Team Falcons", karena mereka tampil di Turnamen Wild Card Kejuaraan Dunia M5. Baru-baru ini, kita melihat mereka juga bermitra dengan pemenang M5, AP.Bren, untuk memperkuat posisi mereka di dunia MLBB.


BACA JUGA: MPL Indonesia S14 Minggu ke-2: RRQ Hoshi Berjaya, Bigetron Alpha Tetap Sempurna


Beberapa hari yang lalu, Falcons Esports mengonfirmasi melalui halaman media sosial mereka bahwa mereka telah pindah ke ranah valorant esport wanita juga, dengan mengambil alih daftar pemain GPX Basreng. Hal ini membuat Team Falcons memiliki tim di berbagai wilayah yang berbeda, karena mereka membawa diri mereka maju ke dunia esports. Daftar pemain ini merupakan upaya pertama Falcons Esports untuk terjun ke ranah Mobile Gaming untuk wanita, dan mereka berharap dapat mengamankan sejumlah kemenangan besar di masa mendatang.




Meskipun sayangnya, daftar pemain ini tidak akan hadir di MLBB Women’s Invitational 2024 (MWI) mendatang, setelah kalah dari Bigetron Era (sekarang Team Vitality) di babak final WSL Indonesia pada bulan Februari, kami berharap dapat segera melihat mereka beraksi. Sangat menarik melihat banyaknya organisasi "besar" yang terlibat dalam MLBB akhir-akhir ini, dan berharap agar MLBB terus mengembangkan permainan ini dengan kecepatan yang sangat pesat seperti yang telah kita lihat selama beberapa tahun terakhir.

Falcons AP.Bren, Fnatic ONIC PH melaju ke final upper bracket di Playoff MPL PH Musim 14

Falcons AP.Bren, Fnatic ONIC PH melaju ke final upper bracket di Playoff MPL PH Musim 14 Falcons AP.Bren dan Fnatic ONIC PH kini selangkah l...