Sabtu, 07 September 2024

MOONTON menandatangani Nota Kesepahaman dengan Federasi Esports Saudi untuk lebih mengembangkan esports MLBB di Arab Saudi

Ini adalah langkah terbaru dalam upaya berkelanjutan MOONTON untuk memperluas kehadiran Mobile Legends di kancah esports Arab Saudi.




Pengembang Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) MOONTON Games dan Federasi Esports Saudi (SEF) mengumumkan pada hari Jumat (30 September) bahwa mereka telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk membantu lebih jauh mengembangkan industri esports di Arab Saudi.


Sebagai bagian dari Nota Kesepahaman tersebut, MOONTON dan SEF berkomitmen untuk mengembangkan dan melaksanakan rencana pertumbuhan potensial bagi industri esports Arab Saudi melalui penyelenggaraan turnamen profesional, peningkatan upaya pemasaran, serta dorongan pendidikan dan pengembangan masyarakat.


Sejalan dengan ini, SEF berkomitmen untuk sekali lagi menampilkan MLBB sebagai salah satu judul esports dalam kalender 2025-nya sementara MOONTON akan menyediakan bantuan dalam game, pemasaran, siaran, dan teknis.


Penandatanganan nota kesepahaman antara MOONTON dan SEF ini menyusul terpilihnya MLBB sebagai salah satu ajang utama Esports World Cup (EWC) 2024 di Riyadh pada bulan Juli lalu.


EWC menyelenggarakan dua ajang MLBB: MLBB Mid-Season Cup (MSC) yang baru dan MLBB Women's Invitational (MWI). MSC merupakan perubahan nama dari MLBB Southeast Asia Cup yang lama karena ajang tahunan ini dipindahkan dari Asia Tenggara ke Arab Saudi. Tim Malaysia Selangor Red Giants secara khusus menjadi juara MSC 2024 sementara Smart Omega Empress dari Filipina dinobatkan sebagai juara MWI 2024.


Nota kesepahaman ini ditandatangani antara Managing Director Global Esports MOONTON Lucas Mao dan Chief Executive Officer SEF Turki Alfawzan di sela-sela New Global Sport Conference (NGSC) yang diadakan di Riyadh. NGSC diselenggarakan bersamaan dengan Esports Awards 2024, di mana MLBB dinobatkan sebagai Mobile Esports Game of the Year.


Lucas Mao menyampaikan hal berikut saat penandatanganan nota kesepahaman:

MLBB telah tumbuh pesat di Kerajaan LINK ALTERNATIF SUPERJITU, terutama dari jumlah penggemar dan tingkat persaingan atlet esportsnya. Baru-baru ini, kita melihat hal ini di MLBB Mid Season Cup (MSC) 2024, yang diselenggarakan bersamaan dengan Esports World Cup di Riyadh; kedua perwakilan MENA, Twisted Minds dan Team Falcons, tampil mengesankan di hadapan penonton tuan rumah. Namun, masih ada peluang luar biasa untuk memperluas ekosistem esports lebih jauh. Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan SEF, yang telah menjadi penggerak sektor esports Kerajaan dan entitas yang bertanggung jawab untuk membina atlet gaming elit, mengembangkan komunitas gaming, dan menumbuhkan sektor tersebut sejalan dengan Strategi Gaming dan Esports Nasional. Bersama-sama, kami berharap dapat mengembangkan ekosistem esports terbuka yang inklusif, beragam, dan kompetitif.


BACA JUGA: Team Flash bergabung dengan Redd+E, mengakuisisi Burn Gaming dari Kamboja


Turki Alfawzan menambahkan:

Arab Saudi dengan cepat memantapkan dirinya sebagai pusat global untuk game dan esports, dan kami sangat senang menyambut MOONTON Games sebagai mitra utama dalam perjalanan ini. Semangat untuk bermain game di antara penduduk kami tak tertandingi, dan melalui kemitraan seperti ini, kami menarik pengembang dan penerbit terkemuka dunia ke Kerajaan tersebut. Kami sangat mendukung aktivitas esports MOONTON Games di Arab Saudi dan kawasan MENA yang lebih luas, termasuk MLBB Professional League (MPL) MENA, yang dengan cepat menjadi liga esports yang paling banyak ditonton di kawasan tersebut sejak didirikan pada tahun 2022. Dengan keahlian gabungan dan visi bersama kami, kami yakin bahwa kami akan mengangkat kancah esports Kerajaan tersebut ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.


Penandatanganan MoU oleh MOONTON dengan SEF merupakan langkah terbaru dalam upaya berkelanjutan oleh pengembang untuk mengembangkan kehadiran MLBB di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA).


MOONTON telah menyelenggarakan turnamen MLBB regional di MENA sejak 2022, dengan turnamen 2023 bahkan berfungsi sebagai kualifikasi untuk MLBB Southeast Asia Cup 2023, MLBB Professional League Invitational 2023, dan M5 World Championship. Region MENA semakin terintegrasi ke dalam kancah MLBB tahun ini dengan pembentukan resmi MLBB Professional League (MPL) MENA.


MPL MENA saat ini memasuki musim keenamnya, dengan turnamen regional 2022 dan 2023 diperlakukan sebagai empat musim pertama liga tersebut. Musim Reguler liga akan berlangsung hingga 21 September, dengan Playoff akan diselenggarakan dari 26 hingga 28 September.


Dua tim dengan performa terbaik di MPL MENA Season 6 akan mewakili region tersebut di M6 World Championship, edisi tahun ini dari turnamen kejuaraan dunia tahunan MLBB yang akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada bulan November. Juara MPL MENA Musim 6 akan lolos ke M6 sementara runner-up harus memulai di Tahap Wildcard turnamen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Falcons AP.Bren, Fnatic ONIC PH melaju ke final upper bracket di Playoff MPL PH Musim 14

Falcons AP.Bren, Fnatic ONIC PH melaju ke final upper bracket di Playoff MPL PH Musim 14 Falcons AP.Bren dan Fnatic ONIC PH kini selangkah l...